Pencairan ADD: 12 Desa Serahkan LPJ

POLEWALI — 12 desa telah menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) ke Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Polewali Mandar. 12 desa ini merupakan bagian dari 52 desa yang terdaftar sebagai penerima ADD namun belum menyerahkan LPj.

Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Kelayakan Desa BPMPD Polman, Halimuddin, menyatakan dari 52 desa yang belum manyampaikan LPjnya sudah ada 12 desa yang langsung memasukan LPj ke BPMPD. Sehingga hanya berselang beberapa jam saja ke 12 Desa yang telah memasukkan LPjnya, BPMPD langsung mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) mereka.

“Jadi pencairannya ditahan hanya karena soal LPj mereka yang tidak mereka perhatikan. Olehnya patut menjadi catatan penting bagi semua Kades di Polman untuk tetap memperhatikan tanggungjawab mereka menyelesaikan LPjnya,” tutur Halimuddin.

Sementara Kepala BPMPD Polman, Andi Parial Patayangi, keterlambatan mereka memasukan dan menyampaikan LPj, dikarenakan ketegasan BPMPD untuk melakukan tertib administrasi bagi semua kepala desa di Polman. Dimana sebelumnya Kades hanya menerima LPj yang telah jadi dari orang yang mereka sewa. Sehingga para Kades ini beberapa waktu lalu, selalu tepat waktu memasukan LPj mereka.

“Tapi dibawah kepemimpinan saya di BPMPD, menurunkan kebijakan tegas kiranya setiap Kades wajib membuat sendiri LPjnya. Makanya sampai saat ini masih banyak Kades yang belum menyerahkan LPj pada kami,” ujar Parial.

Untuk itu Parial, meminta kepada semua Kades kiranya tetap memasukan LPj yang sesuai fakta dibawah. Ini agar BPMPD dapat segera mencairkan ADD mereka yang belum cair sampai saat ini. Jadi BPMPD tidak mempersulit mereka dalam pencairan ataupun menahan pencairan, tapi demi tertib administrasi maka BPMPD mengambil sikap tegas terkait LPj.

“Begitu mudahnya pencairan ADD kepada desa, kalau LPj mereka selesai dan dimasukkan ke BPMPD pukul 08:30 paling lambat pukul 10:00 dana mereka telah ada di rekening desa. Jadi ini hanya upaya penguatan kepala desa terhadap memahami pentingnya administrasi tata kelola keuangan secara baik,” kunci Parial. (k1/mkb)

Share Button

Related Stories »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • OBMmj (5 hari ago)
    Project Reklamasi Pantai Mamuju Tahap 2,.. (Rimuku - Karema).. penuh…
  • mrdn (1 week ago)
    Banyak peserta dari pulau Jawa. Tapi pemenang harus dari Mamuju…
  • bruno (3 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (4 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (1 month ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (1 month ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
Close