Kinerja SKPD Harus Meningkat

Pemkab Gelar Rakor Antar SKPD

POLEWALI — Dalam rangka pencapaian sasaran dan peningkatan kinerja pemerintah melalui berbagai peraturan perundang-undangan dan standar pelayanan minimal (SPM), indikator kinerja utama (IKU), pelayanan publik dan berbagai kebijakan ynang secara teknis diatur oleh pusat. Untuk muwujudkan pelaksanaan aturan tersebut, Pemkab Polewali Mandar menggelar rapat kordinasi yang berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Polman, Kamis, 12 September.

Sekretaris Kabupaten Polman, Andi Ismail AM menyampaikan, berbagai kebijakan yang disinergikan dengan visi pembangunan daerah. Tersusun dalam RPJPD, RPJMD, RKPD, APBD dan penetapan kinerja (kontrak kerja) di tingkat kabupaten dan tingkat SKPD. Didalamnya termuat sasaran, indikator dan target yang harus dicapai setiap tahunnya diakumulasi dalam capaian sasaran RPJMD lima tahun.

Dalam rangka pencapaian tersebut, menurut Ismail dilakukan beberapa hal. Diantaranya penataan koordinasi, dimana didalamnya ada beberapa aspek yang perlu dikoordinasikan.

“Diharapkan kepala SKPD melakukan upaya peningkatan kinerja baik dari aspek perencanaan, organisasi (tupoksi) ketatalaksanaan (prosedur kerja) pembinaan aparatur, pengawasan, pengelolaan keuangan, pengelolaan barang/aset, pelayanan publik di lingkungan kerjanya masing-masing,” kata Andi Ismail.

Disampaikan, untuk pencapaian kinerja SKPD, untuk pencapaian kinerja/IKU adalah target kinerja yang ditetapkan/diperjanjikan oleh pimpinan SKPD pada awal tahun. Standar Pelayanan Minimal (SPM) dimana target SPM yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat yang harus dicapai oleh pemerintah daerah melalui SKPD pelaksana SPM. Selanjutnya adalah standar pelayanan publik, dimana penerapa standar pelayanan publik terkait SOP, sistem informasi, pengelolaan pengaduan, survey indeks kepuasan masyarakat, dan lain-lain. Untuk akuntabilitas adalah pengelolaan keuangan dan aset, serta dari segi pengawasan yakni tindak lanjut atas temuan aparat pengawasan.

Dalam pertemuan ini pimpinan SKPD memaparkan sejumlah pencapaian kinerja yang telah mereka capai. Untuk sejumlah pencapaian kinerja, diharapkan kedepan lebih ditingkatkan dan mengarah pada satu sasaran pencapaian visi misi pemerintahan Polewali Mandar.  (afr/mkb)

Share Button

Related Stories »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • OBMmj (20 jam ago)
    Project Reklamasi Pantai Mamuju Tahap 2,.. (Rimuku - Karema).. penuh…
  • mrdn (3 hari ago)
    Banyak peserta dari pulau Jawa. Tapi pemenang harus dari Mamuju…
  • bruno (2 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (3 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (4 weeks ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (4 weeks ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
Close