Sawah Petani Tapalang Diserang Hama Keong Emas

MAMUJU — Beberapa hari terakhir sejumlah petani dari Kelurahan Galung Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat mengeluh akibat serangan hama keong emas. Namun masalah ini belum mendapat penanganan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Mamuju.

Sekretaris Distanak Mamuju, Sujiyono, mengatakan, belum memberi tindakan apapun terhadap masalah petani yang mengeluhkan serangan hama keong emas karena menunggu laporan dari petani.

“Kami menunggu proposal dari petani, supaya kita bisa memastikan untuk memberikan penyuluhan. Tetapi sampai sekarang belum ada laporan dari petani tentang hama yang menyerang tanaman padi mereka,” kata Sujiyono kepada Radar Sulbar, Senin 9 Januari.

Sujiyono mengatakan, keong emas dapat diantisipasi dengan melakukan pemberian pestisida. “Pemberantasan hama keong emas dapat dilakukan dengan pemberian pestisida, tetapi terkadang masyarakat tidak mau membeli sehingga beginilah jadinya,” ujarnya.

Setiap tahun, Distanak Mamuju mengusulkan pemberian bantuan pestisida kepada petani. Pestisida tersebut dapat digunakan memberantas hama seperti keong emas yang saat ini memang sedang menyerang.

“Pestisida ini diberikan secara gratis, tetapi pada lahan yang betul-betul terkena serangan hama itu. Untuk tahun ini kami akan salurkan 200 liter, seperti juga tahun sebelumnya. Namun hingga sekarang pestisida tersebut memang belum dipasok ke kami,” ujarnya.

Selain pemberantasan hama keong melalui obat atau pestisida, juga dapat dilakukan dengan memungut keong itu setiap hari. Sehingga keong yang ada bisa berkurang.

Hama keong emas banyak terdapat pada sawah yang memiliki genangan air cukup tinggi. Seperti di Kecamatan Tommo, Papalang dan Tapalang. Populasi hama keong emas sangat banyak. Satu keong emas bisa bertelur sampai 300 butir.

Sujiyono berharap petani memberikan perawatan serius terhadap tanaman padinya. “Perawatan yang sangat perlu disini, supaya tanaman padinya bisa tumbuh dengan baik. Kalau tidak ada pemeliharaan, pertumbuhannya akan terkendala. Kami juga berharap petani yang mengalami kendala supaya segera melaporkan agar diberikan bantuan,” ujarnya. (mg2/dir)

Share Button

Related Stories »

1 comment on “Sawah Petani Tapalang Diserang Hama Keong Emas

  1. Pingback: RADAR-SULBAR.com – Stok Pembasmi Hama Tikus Habis

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • OBMmj (7 hari ago)
    Project Reklamasi Pantai Mamuju Tahap 2,.. (Rimuku - Karema).. penuh…
  • mrdn (1 week ago)
    Banyak peserta dari pulau Jawa. Tapi pemenang harus dari Mamuju…
  • bruno (3 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (4 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (1 month ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (1 month ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
Close