Pendaftaran Gunakan Sistem Online

Rekruitmen CPNS Pemprov Sulbar Tahun 2013

Editor: Sudirman Samual

MAMUJU — Pekan depan Pemprov Sulbar bakal mengumumkan kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013. Setelah itu, Pemprov Sulbar membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi CPNS sesuai syarat yang ditetapkan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pemprov Sulbar bakal memberlakukan sistem pendaftaran secara online. “Kita menginginkan pendaftaran dengan sistem online. Itulah sebabnya, saat ini kita kerjasama dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara,red) pusat. Kita menggunakan situsnya dalam rangka penerimaan pendaftaran CPNS,” ungkap Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Ismail Zainuddin, di sela-sela mendampingi Menkokesra Agung Laksono saat meninjau pelayanan di RSU Regional Sulbar, Jumat 30 Agustus, pagi.

Pendaftaran sistem oline itu dilakukan pada website BKN Pusat (http:/sscn.bkn.go.id). Register pendaftaran dicetak pada website BKN dan bersamaan berkas lamaran juga disampaikan kepada Badan Kepegawaian daerah (BKD) Sulbar.

Panitia membuka pendaftaran ini mulai pada tanggal 2 hingga 20 September 2013. Pada berkas pendaftaran, surat lamaran ditulis dengan tinta hitam dan ditandatangani oleh pendaftar sendiri dengan mencantumkan jabatan yang dilamar.
Syarat-syarat untuk mendaftar adalah fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2,75, pas foto ukuran 3×4, surat keterangan akreditasi dari kopertis/rektor/ketua  bagi perguruan tinggi swasta, dan pelamar berusia antara 18 tahun hingga 35 tahun.

Selain pendaftaran, Pemprov Sulbar pun menginginkan agar pelaksanaan ujian seleksi nantinya dilaksanakan dengan sistem online. Oleh karenanya saat ini sedang dilakukan penjajakan kerjasama dengan beberapa pihak seperti Universitas Hasanuddin Makassar untuk menggunakan sarana yang dibutuhkan dalam ujian tersebut.

Hal ini dilakukan agar ujian tahun ini lebih transparan dan bebas dari dugaan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN). Pemprov Sulbar ingin membangun birokrasi yang bersih, dimulai dari perekrutan CPNS.

“Peserta ujian dikumpulkan pada satu tempat dengan sarana ujian berupa perangkat komputer dan jaringan internet. Jadi soal yang muncul tidak lagi berupa kertas tetapi langsung di situs, dan peserta pun memberikan jawaban secara online. Bahkan kalau bisa, begitu ujian selesai bisa langsung diketahui hasilnya. Dengan begitu prosesnya tidak lama dan tidak ada dugaan suap ataupun nepotisme,” beber Ismail.

Ismail berharap ada pihak yang dapat bekerjasama dengan Pemprov Sulbar dalam bentuk ujian online tersebut. Dengan begitu, harapan untuk menggelar ujian secara online dapat terwujud tahun ini. (**)

Share Button

Related Stories »

5 comments on Pendaftaran Gunakan Sistem Online

  1. irdan
    / Reply

    formasi cpnsnya kok tidak ada.. Masih ada kegelisahan mengenai jurusan apa saja yang diterima tahun ini !

    • citra
      / Reply

      iya tepatnya di provinsi sulbar, jurusan apa saja yg diterima

    • / Reply

      coba cek disini:
      http://sscn.bkn.go.id/ActionServlet?page=daftar

      scroll ke bagian bawah, liat bagian “Formasi jabatan yang dilamar”

      kolom instansi pemerintah, isikan ketik: PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI BARAT
      lalu pilih lokasi kerja: Mamuju

      dari situ, bisa dipilih jabatan apa yg ingin dilamar dan bisa disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan

      smoga bermanfaat

      • ariel
        / Reply

        sampe tgl 19/9/2013 pengumuman cpns pemprov sulbar yg ada di bkn hanya 2 lembar, nanti tgl 20/9/2013 baru bertambah jadi 3 lembar yg isinya lembar terakhir berupa contoh lamaran dan amplop yg harus di gunakan. jadinya, pelamar yang berasal dari luar sulbar dan mengirim berkas via pos banyak yang dikembalikan dengan alasan tidak sesuai seperti yang diminta pada halaman 3.
        yang salah siapa? bkn nya atau bkd nya??
        atau ini faktor kesengajaan, agar pelamar dari luar tidak lulus seleksi??

  2. / Reply

    Masih trima lulusan SMU?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • OBMmj (6 hari ago)
    Project Reklamasi Pantai Mamuju Tahap 2,.. (Rimuku - Karema).. penuh…
  • mrdn (1 week ago)
    Banyak peserta dari pulau Jawa. Tapi pemenang harus dari Mamuju…
  • bruno (3 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (4 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (1 month ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (1 month ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
Close