Kurang Pengawasan, Pegawai tak Disiplin

MAMUJU — Tingkat kedisiplinan pegawai di setiap SKPD lingkup Pemkab) Mamuju masih sangat mengecewakan. Jam kerja pegawai dimulai pukul 07.30 wita, namun sejumlah pegawai datang lewat dari waktu itu.
Begitu pula dengan jam kedua, beberapa pegawai bahkan datang hampir pada jam waktu pulang kantor.

Hal ini diakui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Mamuju, Junda Maulana. “Ada sekira 20 persen pegawai belum disiplin. Ini terjadi karena kesadaran pegawai tentang tanggung jawab belum ada. Jadi yang perlu diperbaiki adalah mental aparat,” kata Junda kepada Radar Sulbar, di ruang kerjanya, 9 Desember.

Junda mengatakan, pegawai tidak disiplin juga disebabkan kurangnya pengawasan dan ketegasan pimpinan instansi terhadap pegawainya. “Aturan dalam memberikan sanksi terhadap pegawai tidak disiplin sudah ada, cuma yang jadi masalah adalah pelaksanaan aturan itu tidak terealisasi karena yang mengawasi tidak tegas,” ujarnya.

Junda menyampaikan, sanksi yang harus diberikan seorang pegawai tidak disiplin seperti teguran lisan, tertulis dan penundaan kenaikan pangkat.
“Jika semuanya sudah diberikan dan para pegawai juga belum mengubah kelakuannya maka pegawai bisa dipecat. Tetapi kami tidak bisa memberikan sanksi karena yang memiliki kewenangan ini adalah pimpinan setiap SKPD terkait,” jelasnya.

Junda berharap, agar pegawai setingkat kepala bidang di masing-masing SKPD diminta memberi pengawasan terhadap bawahannya. “Apabila pimpinan tegas dalam memberikan sanksi, tentu pegawai akan takut untuk melakukan lagi pelanggaran,” harapnya.

Junda menambahkan, dalam mencapai tujuan sebuah organisasi tentu sangat dibutuhkan suatu kedisplinan. Sebab, dengan kedisiplinan kesuksesan bisa dicapai. (mg2/dir)

Share Button

Related Stories »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • bruno (2 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (3 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (4 weeks ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (4 weeks ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
  • Susilawati (4 weeks ago)
    Ya, botol susu adalah salah satu perlengkapan bayi, bagaimanapun juga…
  • wonodistrikseno (4 weeks ago)
    sudah banyak fakta dimasyarakat pengeluaran anggaran yang begitu besar melampaui…
Close