Dishub-Polisi Turun ke Jalan

KAMPANYE. Wakil Gubernur Sulbar Aladin S Mengga melepas klub motor Mamuju dalam kampanye safety riding di Lapangan Merdeka Mamuju, Sabtu 19 Oktober 2013. Foto: Firdaus Paturusi/Radar Sulbar

*Pekan Nasional Keselamatan Jalan Dimulai

MAMUJU — Aparat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sulbar bersama pihak kepolisian dan TP PKK Sulbar akan gencar turun ke lapangan. Tim ini bakal melakukan sosialisasi mengenai keselamatan bagi pengguna jalan.

Hal ini dalam rangka pelaksanaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan. Aparat gabungan Dishubkominfo dan kepolisian akan menggelar operasi di jalan guna mensosialisasikan penggunaan helm standar bagi seluruh pengendara sepeda motor, khususnya bagi siswa.

“Kita akan melakukan pembinaan dan penyadaran bagi seluruh pengguna kendaraan sepeda motor agar mengenakan helm standar. Bahkan kami telah menyiapkan helm untuk dibagikan. Banyak hal yang akan kami sosialisasikan, seperti kewajiban bagi orang tua yang membonceng anaknya harus memasangkan helm bagi anaknya, serta siswa diminta tidak membawa kendaraan karena tak punya SIM,” papar Kepala Dishubkominfo Sulbar, Suparto Umar, dalam pencanangan Pekan Nasional Keselamatan Jalan, Sabtu 19 Oktober.

Untuk TP PKK Sulbar, akan bersama pihak Dishubkominfo Sulbar dan kepolisian mengunjungi sejumlah sekolah di Mamuju. Tujuannya, memberikan penyadaran kepada seluruh siswa untuk mematuhi seluruh aturan berkendara di jalan.

Pencanangan itu sendiri ditandai dengan pelaksanaan jalan santai bersama dengan mengambil start di Lapangan Merdeka Mamuju akhir pekan lalu. Dalam acara ini, Wakil Gubernur Sulbar Aladin S Mengga melakukan pemasangan helm standar kepada murid TK dan SD serta wakil klub sepeda motor yang mengkampanyeka safety riding.

“Di dalam Kota Mamuju ini Alhamdulillah sudah banyak yang memiliki kesadaran, tapi begitu kita keluar dari kota maka kita bisa lihat masih banyak yang belum sadar tentang aturan di jalan yang aman dan tertib. Kita ingin menumbuhkan kesadaran, utamanya bagi pelajar karena kita lihat banyaknya pelajar yang mengalami kecelakaan, utamanya dengan menggunakan roda dua,” sebut Suparto.

Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi Pekan Nasional Keselamatan Jalan oleh Wakil Gubernur, Sekretaris Provinsi, Kapolres Mamuju, Kasdim Mamuju, Balai LLAJ ASDP Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Irian. Beberapa perwakilan media cetak dan elektronik pun ikut membubuhkan tanda tangan. Seluruh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten se-Sulbar juga menerima penyematan pin keselamatan jalan.

Perwakilan Balai LLAJ ASDP Wilayah Sulawesi, Maluku dan Irian, Benny Nurdin, meminta agar kegiatan ini tidak menjadi seremoni. Acara tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap keselamatan jalan di bumi Mala’bi yang dimulai dari keluarga, lingkungan hingga seluruh warga Sulbar.

Sementara, Wakil Gubernur Sulbar Aladin S Mengga, menekankan agar kegiatan ini menjadi awal kesadaran masyarakat memperhatikan aturan demi keselamatan berkendara. Sebab selama ini, masih banyak dijumpai pengendara yang berlaku ugal-ugalan tanpa mengindahkan aturan. Aksi ini sangat berbahaya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Yang kita inginkan adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat bahwa jika mengabaikan aturan yang ada maka sangat berbahaya bagi dirinya sendiri dan juga bisa merugikan orang lain. Tata tertib di jalan harus diperhatikan demi keselamatan bersama,” tukasnya. (dir)

Share Button

Related Stories »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • OBMmj (3 months ago)
    Project Reklamasi Pantai Mamuju Tahap 2,.. (Rimuku - Karema).. penuh…
  • mrdn (3 months ago)
    Banyak peserta dari pulau Jawa. Tapi pemenang harus dari Mamuju…
  • bruno (3 months ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (3 months ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (4 months ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (4 months ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
Close