Baru Satu Daerah Miliki Perda Penyelenggaraan Haji

MAMUJU — Hingga tahun ini, baru satu dari enam kabupaten di Sulbar yang memiliki Peraturan Daeran (Perda) Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Pemprov Sulbar dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulbar serta seluruh pihak terkait pemberangkatan jamaah haji tahun ini.

“Iya, memang sekarang masih berproses semua daerah. Baru satu yang ada Perdanya, Majene,” ungkap Asisten II Sulbar M Nur Alam Tahir usai memimpin pertemuan, belum lama ini.

Dijelaskan, Perda tersebut menjadi kewajiban setiap daerah yang akan memberi subsidi terhadap pelaksanaan haji di wilayah masing-masing.

Merupakan amanah undang-undang tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Perda tersebut juga dibuat sebagai bentuk tanggungjawab Pemkab dalam melayani masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji.

“Undang-undang tentang haji mensyaratkan bahwa fasilitasi pemda dalam kaitannya transportasi ditetapkan melalui Perda. Kita harapkan semua daerah segera membuatnya,” imbuh Asisten Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Sulbar itu.

Untuk sementara, sambung Nur Alam, Pemprov mengarahkan penyusunan regulasi pelaksanaan ibadah haji di kabupaten melalui peraturan bupati (Perbup).

“Kita sampaikan, tolong dikonsultasikan apakah bisa di backup lewat peraturan bupati. Sebab, kalau baru mau menyusun sekarang, itu sudah tidak bisa lagi. Jamaah sudah mau diberangkatkan,” tandasnya (rul)

Share Button

Related Stories »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • OBMmj (7 hari ago)
    Project Reklamasi Pantai Mamuju Tahap 2,.. (Rimuku - Karema).. penuh…
  • mrdn (1 week ago)
    Banyak peserta dari pulau Jawa. Tapi pemenang harus dari Mamuju…
  • bruno (3 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (4 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (1 month ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (1 month ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
Close