Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Terhambat

Dana Sertifikasi Diduga Dideposito

MAJENE — Sejumlah guru di Kabupaten Majene mengeluh. Tunjangan sertifikasi triwulan kedua belum juga dibayarkan. Padahal saat ini sudah memasuki akhir triwulan ketiga tahun 2013. Pembayaran sertifikasi hingga saat ini belum juga ada kejelasan.
Diduga tunjangan sertifikasi dideposito terlebih dahulu di bank sebelum dibayarkan kepada guru yang menerima tunjangan.

Salah seorang guru yang enggan identitasnya dikorankan, Rabu 11 September, mengaku kecewa dengan mekanisme pembayaran sertifikasi guru yang selalu mengalami keterlambatan.

“Kami selalu dituntut untuk bekerja profesional, sehingga semua tuntutan yang dibebankan kepada kami sudah kami dikerjakan dengan baik,” jelasnya.

Namun Ia mengaku kerja keras dalam memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan selama ini tidak sebanding dengan perhatian yang diberikan.

“Buktinya hak selalu diabikan, padahal anggarannya sudah disiapkan pemerintah pusat, kenapa bisa terlambat,” kesalnya.

Ia bahkan menuding adanya upaya dari pihak tertentu untuk meraup keuntungan dalam keterlambatan ini. Sebab bisa saja uang tersebut ditampung terlebih dahulu melalui deposito. Sehingga memiliki bunga tinggi.

Dikonfirmasi terpisah Kasubag Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Disdik Majene Syamsu Rais, menjelaskan Disdik Majene hanya memiliki kewenangan mengamprah gaji para guru.

“Setelah itu, data hasil amprah tersebut kemudian dilaporkan ke Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Majene,” kilahnya.

DPKAD, jelas Syamsu Rais, kemudian akan melaporkan realisasi penerima tunjangan sertifikasi pada triwulan pertama ke pusat. “Setelah itu, pusat kemudiankan menyalurkan dana tersebut ke daerah,” paparnya.

Pihak PKAD Majene Hasanuddin, yang ikut dikomfirmasi, mengaku belum ada informasi dari pusat terkait kapan realisasi pembayaran tunjangan sertifikasi guru triwulan kedua ini akan dibayarkan.

“Informasi yang kami peroleh dari hasil rapat di Makassar, belum lama ini menyebutkan jika penyeluran tunjangan sertifikasi guru se-Indonesia Timur belum dilakukan,” sebutnya.

Menurutnya, kewenangan DPKAD hanya sebatas melaporkan realisasi ke pusat, selanjutnya menunggu informasi lebih lanjut jika dana tersebut telah ditranfer ke daerah. (jun/mkb)

Share Button

Related Stories »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • bruno (2 weeks ago)
    kapan sk cpns umum 2013 terbit dan kapan mulai aktif…
  • IBU WIDIA (3 weeks ago)
    ASSALAMU ALAIKUM SAYA IBU WIDIA ANGGOTA HONORER YANG LULUS K2…
  • wahyu (4 weeks ago)
    Maaf admin, coba kumpulin smua aksara lontar dari awal sampai…
  • wahyu (4 weeks ago)
    klo masalah huruf aksar lontar,, aksar lontar banyak,, mngkin memakai…
  • Susilawati (4 weeks ago)
    Ya, botol susu adalah salah satu perlengkapan bayi, bagaimanapun juga…
  • wonodistrikseno (1 month ago)
    sudah banyak fakta dimasyarakat pengeluaran anggaran yang begitu besar melampaui…
Close